Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Edy Pratowo Berharap BUMDes Hasilkan Produk Ramah Gambut

  • Oleh James Donny
  • 26 Maret 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo berharap, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menghasilkan produk unggulan yang ramah gambut. 

Harapan itu disampaikan Bupati Edy mengingat kondisi lahan di Kabupaten Pulang Pisau sebagian besarnya merupakan tanah gambut. 

Hal itu juga disampaikan Bupati saat menghadiri acara Lokalatih Pengembangan BUMDes Peduli Gambut di Kota Palangka Raya, yang dilaksanakan Kemitraan Bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Kemitraan tersebut, lanjut Bupati, telah diberi mandat sebagai mitra kerja Badan Restorasi Gambut dalam melaksanakan Program Desa Peduli Gambut (DPG) di tujuh provinsi sebagai target restorasi, termasuk Kalteng.

Ia mengapresiasi adanya lokalatih yang melibatkan masyarakat desa di Kabupaten Pulang Pisau. Karena upaya penguatan kelembagaan ekonomi desa merupakan hal yang penting dalam memastikan terlaksananya kegiatan revitalisasi sosial ekonomi di DPG dalam konteks restorasi gambut.

BUMDes yang berada di desa peduli gambut, menurutnya, perlu diberdayakan agar mampu mengelola unit usaha yang produktif serta ramah terhadap perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut. Serta penguatan tata kelola dan manajemen usaha BUMDes penting dilakukan.

"Dengan adanya lokalatih ini, BUMDes maupun kelompok usaha akan mampu melakukan seleksi pemilihan produk unggulan desa yang ramah gambut," ujarnya.

Bupati Edy berharap, melalui lokalatih itu desa bisa menyusun rencana usaha BUMDes dan memahami fungsi dan peran badan usaha tersebut sesuai Permendesa Nomor 4 Tahun 2015, serta dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat. (JAMES DONNY/B-3) 


TAGS:

Berita Terbaru