Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Alsintan Tidak Bisa Dipakai Petani di Lampuyang

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 27 Maret 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sejumlah kelompok petani di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk, Kotawaringin Timur (Kotim) mengusulkan kepada pemerintah untuk pengadaan alat tani yang berkualitas.

Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Putri Noor Hajah mengatakan usulan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) diperoleh saat melakukan reses.

Menurutnya, usulan Kelompok Tani Setiakawanan 1 dan Setia Abadi ini belum bisa mendapat hasil maksimal karena tidak mempunyai alat yang berkualitas.

"Mereka mengusulkan penggunaan hibah dan bantuan alat mesin pertanian agar ekonomi masyarakat bisa meningkat," ujarnya, Rabu (27/3/2019).

Ia menjelaskan kelompok tani tersebut memiliki alat, namun tidak berfungsi dan kurang efektif. "Alsintan yang dimaksud berupa peralatan mesin potong pada pasca panen yang merupakan hibah bantuan pemerintah,” ungkapnya.

Bantuan dari pemerintah pada 2015 itu berupa mesin ketam padi tipe CCH 7130 hornet/crown dengan kondisi tidak terpakai sebanyak tiga unit.

Lalu ada mesin ketam tipe lain yang tidak diambil petani. Sementara di tahun sebelumnya ada juga bantuan 10 unit mesin yang juga tidak diambil.

"Tipe yang disebutkan tadi, kurang optimal dalam pelaksanaan kinerja di lapangan dan tidak sesuai kondisi tani di sana," lanjutnya. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru