Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Terjadi Sengketa Pemilu

  • Oleh Ramadani
  • 27 Maret 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara Alamsyah mengatakan, sengketa sangat mungkin terjadi antara peserta dan penyelenggara pemilu. Salah satu penyebabnya ialah perbedaan suara dari hasil pemungutan nanti.

"Jadi dalam hal ini bila terjadi sengketa, kita terlebih dulu akan mengarahkan sengketa tersebut agar diselesaikan di TPS masing-masing, di desa maupun di kecamatan. Namun, bila tidak dapat diselesaikan baru diteruskan ke Bawaslu. Dan Bawaslu pasti akan menyelesaikan sengketa itu," ungkapnya saat rapat kerja penyelesaian sengketa pemilu, Rabu (27/3/2019).

Untuk langkah yang akan diambil dalam penyelesaian sengketa, Bawaslu terlebih dulu memberikan pencegahan dan sosialisasi kepada pihak yang  bersengketa.

"Juga akan memberikan  pelatihan kepada  masyarakat serta pimpinan partai dan anggota partai dengan tujuan bisa mencegah terjadinya sengketa. Artinya pelanggaran ini kita cegah dengan cara memberitahukan dan memberikan sosialisasi kepada masing-masing partai bahwa yang mereka lakukan adalah pelanggaran. Jadi mereka tidak melakukannya lagi," tutup Alamsyah. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru