Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2019 Diperkirakan akan Meningkat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Maret 2019 - 10:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah triwulan II 2019 diprakirakan akan mengalami peningkatan.

"Dari sisi permintaan, meningkatnya konsumsi Rumah Tangga diperkirakan akan menjadi sumber pertumbuhan yang didorong oleh tren historis meningkatnya permintaan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri," kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Setian dalam kegiatan Diseminasi Kajian Ekonomi Keuangan Regional Kalteng, Rabu (27/3/2019).

Adanya penyelengaraan pemilu pada triwulan II menurut Setian juga diperkirakan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan konsumsi RT dan konsumsi pemerintah.

"Kinerja investasi diperkirakan juga akan mengalami peningkatan seiring dengan realisasi proyek swasta. Kinerja ekspor diperkirakan tetap kuat meskipun terdapat risiko bias bawah yang disebabkan oleh perkiraan harga komoditas utama Kalimantan Tengah yang melemah di pasar global pada 2019," terangnya.

Dari sisi penawaran, lapangan usaha industri pengolahan diperkirakan mengalami peningkatan didorong oleh adanya potensi membaiknya harga CPO global dan terjaganya serapan CPO domestik seiring kebijakan B20 Pemerintah.

Di samping itu LU perdagangan diperkirakan mengalami peningkatan didorong oleh tingginya konsumsi RT dari sisi permintaan. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru