Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isu Politik Uang di Katingan masih Kuat di Pemilu 2019

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Maret 2019 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Isu politik uang di Kabupaten Katingan pada pemilu 17 April 2019 masih kuat.

"Saya mengamati isu politik uang di pemilu 2019 di Kabupaten Katingan, itu masih kuat," ujar Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Katingan, Edy Ruswandi, Kamis (28/3/2019).

Edy melihat berdasarkan pengamatan di lapangan sejauh ini bahwa isu politik uang di Kabupaten Katingan pada pemilu 17 April 2019 masih kuat.

"Polanya berdasarkan pengamatan saya masih sama sebelum-sebelumnya. Yakni ada tim yang melakukan pendataan terhadap pemilih dengan janji akan diberi imbalan uang," ungkapnya.

Edy menggambarkan caleg yang bermain politik uang itu dengan cara memasukkan ke data timnya. "Yang pada saatnya nanti data-data pemilih tersebut akan dieksekusi dengan memberikan uang," tegasnya.

Menurut Edy, sebagai generasi muda, terutama caleg-caleg muda sudah saatnya mendidik politik yang baik di masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pasalnya kalau tidak dimulai dari sekarang, maka budaya politik uang itu tidak akan habis-habisnya.

Kepada masyarakat, Edy meminta ikut mengawasi pergerakan caleg-caleg yang melanggar itu. "Dan kalau ketahuan laporkan saja kepada pihak yang berwenang dalam hal ini Gakumdu. Sebab dengan politik uang ini akan merusak tatanan demoktasi kita," katanya.

Bahkan akibat banyaknya uang yang dikelurkan oleh caleg, apabila yang bersangkutan terplih nantinya, maka akan menyalahgunakan wewenang nantinya.

"Contohnya ada anggota DPRD Kalteng yang ditangkap oleh KPK belum lama ini. Dan kepada penegakan hukum terpadu (Gakumdu) diminta untuk menjalankan pengawasan di lapangan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru