Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Damkar dan Satpol PP Diharapkan Berperan dalam Pembangunan

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 28 Maret 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri memimpin upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100 dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) ke-57 di halaman kantor gubernur.

Dalam kesempatan itu selaku inspektur upacara, Fahrizal menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri, Thahjo Kumolo, diantara agar turut serta aktif dalam upaya pembangunan.

"Selain tugas utamanya memberi rasa nyaman kepada masyarakat, saat ini Damkar, Sat Pol PP dan Sat Linmas berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan," ujarnya, Kamis (28/3/2019).

Dia juga mengingatkan tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran.

"Kemudian melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebaran serta pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia," lanjutnya.

Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

"Sedangkan Sat Linmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara," tutur Fahrizal. (GAZALI/B-6/Adv)

Berita Terbaru