Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Pemilih Mengalami Penurunan

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Maret 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara -  Penyelenggaraan Pemilu paskareformasi mengalami penurunan dari sisi jumlah partisipasi pemilih.

"Akan tetapi dari sisi kualitas partisipasi terdata perkembangan baik," kata Bupati Sukamara Windu Subagio pada acara sosialiasi pemilihan umum yang digelar KPU Sukamara, Kamis (28/3/2019).

Menurut Windu,  rasionalitas pemilih juga semakin baik, dimana pemantauan tidak lagi sebatas pemungutan suara, akan tetapi mulai dari memastikan warga terjamin hak pilihnya melalui pemantauan daftar pemilih.

"Selain itu juga menelusuri track record calon sebagai dasar dalam menentukan pilihan, sampai pada mematikan proses penghitungan suara terhindar dari berbagai kecurangan," tuturnya.

Windu berharap, tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Sukamara pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif dapat melampaui target.

"Mudah-mudahan tingkat partisipasi pemilih di wilayah kita dalam Pemilu 2019 ini dapat melebihi target partisipasi nasional 77,5 persen," harapnya.

Dalam momen tersebut, Bupati Sukamara kembali mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

"Saya mengajak seluruh peserta, mari kita gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, sampaikan informasi pemilu ini kepada masyarakat, datanglah ke TPS pada tanggal 17 April 2019 nanti," ucap Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru