Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Gencar Sosialisasi agar Pemilih Pemula Tidak Golput

  • Oleh Andreansyah
  • 28 Maret 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Barat (KPU Kobar) gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga ke sekolah agar pemilih pemula tidak Golput. 

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, sosialisasi tentang pelaksanaan pemilu kepada peserta pemilu ini memang harus digencarkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, Kamis (28/3/2019).

Termasuk yang menjadi sasaran KPU Kobar yakni sejumlah sekolah di Kobar. Karena di sekolah sudah banyak pemilih pemula. 

"Kami gencar melakukan sosialisasi kepada peserta pemilu pemula, sehingga kami datangkan ke sekolah-sekolah yang muridnya berusia 17 tahun, atau masuk sebagai daftar pemilih. Hal itu sangat penting agar pemilih pemula ini sudah terdaftar dan nantinya bisa menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 ini," ungkap Chaidir. 

Mengingat pemilih pemula di Kobar ini sangat banyak, maka perlu diberikan sosialisasi, agar pemilih pemula mengetahui proses pelaksanaan lima tahun sekali ini. 

"Dengan memberikan pemahaman kepada pemilih pemula ini, kami harap nanti tidak Golput. Serta kami harapkan partisipasi pemilih juga bisa lebih banyak," jelasnya. 

Dalam sosialisasi itu juga, Chaidir mengajak kepada pemilih pemula untuk menjadi pemilih yang cerdas. Apalagi saat ini untuk calon legislatif banyak pilihannya. 

Jadi diharapkan pemilih pemula ini mengenali figur dari Caleg, sekaligus visi dan misi Caleg sehingga bisa memilih sesuai hati nurani bukan karena ada dorongan dari pihak lain. 

"Kami juga selalu mengimbau kepada masyarakat jelang Pemilu agar lebih bijak menyikapi berita yang saat ini makin marak, terutama berita hoax, jangan langsung ditelan dan percaya. Itulah kami minta agar bijak dalam menerima berita yang tersebar yang kini marak  di media sosial," ujar Chaidir. (Andre/B-2)

Berita Terbaru