Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terjadi Peningkatan Jumlah Anjing di Perumahan Baru

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2019 - 12:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah anjing di perumahan-perumahan yang baru dibangun di Palangka Raya.

"Setiap ada perumahan baru pasti ada anjing baru juga, ini kami minta vaksinator rabies untuk mendatangi perumahan-perumahan baru tersebut," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono, Jumat (29/3/2019).

Menurut Eko, masyarakat yang pindah ke perumahan baru ini biasanya membawa serta anjing peliharaannya dari perumahan lama atau malah membeli anjing yang baru.

"Perumahan baru biasanya kan masih sepi jadi anjing dibawa untuk menjaga rumah. Kalau dibawa pindah dari rumah sebelumnya ada kemungkinan sudah divaksin, tetapi kalau baru beli, kita jaga-jaga saja kemungkinan itu belum divaksin," jelasnya.

Karena itulah vaksinator rabies menurut Eko diarahkan untuk mendatangi perumahan baru demi memvaksin hewan peliharaan, terutama anjing yang dibawa ke perumahan baru itu.

"Saat ini sudah kerja bagus karena tren gigitan positif rabies itu semakin menurun, karenanya 2019 ini pun kami minta kembali kerja sama dari vaksinator rabies di Kota Palangka Raya," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru