Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKKBN Fokus Cegah Stunting di Dua Kabupaten Ini

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 29 Maret 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah fokus mencegah penyakit stunting (tubuh pendek) di dua daerah, yakni Kabupaten Barito Timur dan Kapuas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Kalteng Satyawati Kusumawijaya menyebut, pihaknya akan gencar menyosialisaskan stunting kepada ibu hamil, mulai dari janin hingga berumur 2 bulan.

"Untuk pencegahan panyakit stunting ini kita menargetkan pada 19 ribu kepala keluarga yang memiliki balita," ujarnya, Jumat (29/3/2019).

Untuk itu, BKKBN telah membentuk kelompok kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada ibu tentang peningkatan gizi, khususnya di masa seribu hari pertama kehidupan. 

"Kita bersukur, untuk pencegahan stunting ini pemerintah pusat melalui BKKBN mengalokasikan dana sebanyak Rp120 juta agar bisa terlaksana dengan baik," lanjutnya.

Ia menyebutkan, stunting bisa diakibatkan asupan ibu selama kehamilan kurang berkualitas. Sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit. Akhirnya, pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran.

Selain itu, stunting juga bisa terjadi akibat asupan gizi saat anak masih di bawah usia 2 tahun tidak tercukupi. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru