Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kalteng Fokus Pada Penurunan Angka Stunting

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 30 Maret 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kesehatan untuk menekan penurunan angka stunting (tubuh pendek) di Bumi Tambun Bungai.

Fokus tersebut, bukan tanpa alasan mengingat saat ini Kalteng tercatat sebagai provinsi ke empat sebagai Stunting terburuk secara skala nasional.

Untuk itu, Kepala Dinas Kalteng Suyuti Syamsul melakukan berbagai program serta menekan MoU bersama perguruan tinggi untuk mencegah atau mengurangi Stunting di Kalteng.

Kalteng 4 Besar Terburuk Penyakit Stunting

Provinsi Kalteng menjadi sorotan Pemerintah Pusat mengenai penyakit Stunting, bagaimana tidak, daerah yang memiliki 14 kabupaten/kpta tersebut berada di posisi4 terburuk penyakit Stunting  secara skala nasional.

Menaggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul mengakui, untuk menanggulangi penyakit Stunting di Bumi Tambun Bungai bukanlah hal yang mudah.

"Penanggulangan penyakit Stunting menjadi fokus utama kami walaupun sebernarnya tidak mudah," ujarnya, Kamis (28/3/2019).

Syamsul menjelaskan, meski masuk 4 berar terburuk, penyakit Stunting di Kalteng pada dasarnya selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

34 Persen Balita di Kalteng Terkena Stunting

Prevalensi balita yang mengalami stunting di Kalteng sekitar 34 persen lebih. Meskipun sebenarnya sudah mengalami penurunan dari angka 40 persen.

Angka tersebut, menjadikan Kalteng sebagai posisi 4 secara skala nasional sebagai daerah dengan Stunting terburuk.

Berita Terbaru