Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Sawit di Kalteng kembali Bergairah

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 31 Maret 2019 - 12:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Kalteng mulai membaik. Kondisi ini membuat petani sawit kembali bergairah menggarap kebun mereka.

Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Rawing Rambang menuturkan, dalam beberapa hari terakhir harga jual TBS mulai merangkak naik. Petani kelapa sawit mandiri yang sebelumnya sulit menjual hasil kebun mereka, kini kembali bergairah.

Ia mengungkapkan, jumlah petani sawit mandiri di Kalteng mencapai 52 ribu orang dengan total luas lahan 152 ribu hektare.

"Dulunya petani kita sempat menjerit karena harga yang anjlok. Namun sekarang gairah mereka sudah tinggi kembali," ujar Rawing, Minggu (31/3/2019).

Rawing melanjutkan, saat ini harga TBS sekitar Rp1.400 hingga Rp1.500 per kilogram. Naik signifikan bila dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp600 per kilogram.

"Mereka sudah tidak kebingungan saat panen ingin menjual ke mana, tergantung umur sawitnya. Paling tinggi bisa dihargai hingga Rp1.500 per kilogram," sebut Rawing. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru