Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Raya Nyepi Momen Jalankan Catur Brata Penyepian

  • Oleh Uriutu
  • 31 Maret 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Hari Raya Nyepi memiliki makna penting bagi umat Hindu, yakni momentum untuk menjalankan catur brata penyepian.

“Catur brata penyepian itu merupakan salah satu bagian untuk membersihkan diri demi mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat,” kata Yanto salah satu panitia saat kegiatan perayaan hari raya Nyepi dan menyambut tahun baru Saka 1941 di Jaro Pirarahan Buntok, Minggu (31/3/2019).

Ia mengatakan, dalam menyambut tahun baru saka ini semoga mendapatkan semangat baru dari jiwa yang damai serta lebih harmonis  sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana.

Tri Hita Karana umat Hindu, lanjut dia, diajarkan untuk mewujudkan dan menjaga keharmonisan sesama umat manusia. Serta juga menjaga hubungan harmonis dengan alam semesta.

Umat Hindu, lanjut dia, diminta untuk selalu memegang ajarannya. Dimana semua bersaudara dan selalu menekankan arti penting persaudaraan sejati.

“Karena kita semua berasal dari sumber yang sama yakni Tuhan Yang Maha Esa,” ucap dia.

Hal itu harus bisa diwujudkan dalam tindakan nyata untuk menjaga dan melestarikan alam disekitarnya.

Ia menambahkan ada pun tema kegiatan ini ‘melalui Catur Brata Penyepian kita sukseskan Pemilu 2019’. Artinya, lanjut dia, mari bersatu padu semua elemen masyarakat untuk turut menyukseskan Pemilu serentak 2019. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru