Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara Membedakan Beras Kualitas Rendah, Premium dan Super

  • 01 April 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Mohammad Rommel mengimbau warga agar selalu berhati-hati dalam membeli beras. Terlebih dengan adanya pengungkapan kasus beras oplosan di kota Sampit.

"Saya imbau masyarakat agar lebih hati-hati dan teliti sebelum membeli beras dipasaran. Dari pengakuan tersangka, beras oplosan memiliki ciri yang berbeda. Beras kualitas super asli memilki butiran beras yang bagus, sementara yang oplosan butiran berasnya patah-patah," kata Kapolres Kotim didampingi Waka Polres Kotim Kompol Dhovan Oktavianton saat memeriksa gudang pengoplosan beras, Senin (1/4/2019).

Perbedaan antar tiga beras berkualitas rendah, premium dan super sangatlah mencolok. Dapat dilihat dari bentuk fisik beras tersebut.

Beras kualitas rendah memiliki tekstur yang kurang baik. Butiran berasnya rusak dan aroma nya tidak ada. Terkadang ada kutunya.

Beras berkualitas premium memiliki tekstur yang baik dengan warna putih biasa. Sementara beras berkualitas super memiliki bentuk butiran yang bagus tanpa ada sedikit pun ampas. Dan juga memiliki aroma pandan. Kemasannya pun terbilang sangat rapi.

"Beras oplosan yang dikemas dengan karung kualitas super memiliki bentuk butiran beras campuran. Ada yang bagus ada yang rusak. Aroma pandannya sangat pekat. Dari fisiknya sudah dapat diketahui. Jadi harus teliti lagi," tuturnya. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-6)

Berita Terbaru