Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Penting Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas Tercermin dari Tugas

  • Oleh Ramadani
  • 01 April 2019 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara  melaksanakan Apel Gabungan sekaligus untuk memperingati HUT ke-100 Pemadam Kebakaran, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas di halaman kantor bupati, Senin (1/4/2019).

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra yang memimpin apel menyampaikan peran penting pemadam kebakaran, Satpol PP, dan Satlinmas. Menurut dia, peran ketiga satuan itu tercermin dari tugas dan tanggung jawab mereka. 

Tugas pemadam kebakaran adalah mencegah, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sedangkan Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Sementara itu, Satlinmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

Peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas diharapkan tidak hanya sebagai forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan  sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad  untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru