Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Penanaman Secara Hidroponik Solusi Lahan Pertanian yang Sempit

  • Oleh Norhasanah
  • 02 April 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan penanaman secara hidroponik adalah solusi dalam mengatasi lahan pertanian yang mulai sempit.

"Pertanian merupakan sektor yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia dan sebagai sumber penghasilan bagi beberapa masyarakat," ucap Windu, Selasa (2/4/2019).

Menurutnya seiring perkembangan teknologi, sektor industri di Indonesia juga tumbuh dengan pesat, keberadaan sektor industri kemudian mengalami pergeseran lahan pertanian yang mengakibatkan lahan semakin sempit.

"Mulai menyempitnya lahan pertanian juga telah terjadinya di Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk juga Sukamara, dalam upaya mengatasi permasalah tersebut, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sistem menanam secara hidroponik," ujarnya.

Windu melanjutkan pembuatan kebun hidroponik di pekarangan Sekretariat PKK Sukamara adalah sebagai demplot untuk memperkenalkan berbagai model instalasi hidroponik, jenis tanaman yang bisa ditanam, perawatannya mulai dari pembenihan atau penyemaian hingga panen.

"Konsepnya instalasi tidak harus selalu mahal, tetapi dapat juga dengan menggunakan barang bekas yang dimodifikasi. Selain itu hidroponik adalah budidaya tanaman secara higienis atau bersih tanpa harus kotor, sehat tanpa pestisida kimia yang berbahaya dan dapat menghasilkan sayur segar, sehat dan menguntungkan," jelasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru