Pemprov Kembali Paparkan Kalteng Ideal Sebagai Ibu Kota Negara

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 03 April 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) beberapa waktu lalu kedatangan tamu dari perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonedia (Menkopolhukam) untuk meninjau Kalteng sebagai ibu kota Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri mengaku pihaknya telah memaparkan bahwa Kalteng siap menjadi pusat pemerintahan dan ibu kota baru Indonesia.

"Kita telah memaparkan dari berbagai sisi, bahkan Kalteng pantas menjadi ibu kota Indonesia yang baru, salah satunya dari segi astagrata yang meliputi geografis daerah, keamanan, budaya, kearifan dan sosial masyarakat," ujarnya, Rabu (3/4/2019).

Fahrizal menerangkan, astagrata adalah konsep dasar ketahanan nasional sebagai perangkat hubungan bidang kehidupan manusia, budaya serta dengan pemanfaatan kekayaan sumber daya alam di Kalteng.

Dalam pemaparannya, Fahrizal menekankan, Provinsi Kalteng sangat layak dan siap untuk memenuhi kriteria ibu kota baru Indonesia.

Senada dengan Sekda, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga mengatakan hal yang sama. "Kita telah menyampaikan tentang kesiapan Kalteng menjadi wadah pusat pemerintahan dan ibu kota Indonesia," jelas Gubernur. (GAZALI/B-2/Adv)

Berita Terbaru