Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Payung Hukum Penanggulangan Bencana Daerah Sangat Diperlukan

  • Oleh Naco
  • 03 April 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Sinar Kamala menilai keberadaan rancangan peraturan daerah tentang Penyelenggaran Penanggulangan Bencana sangat diperlukan. 

Apalagi di setiap tahunnya Kotim hampir selalu dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap. Kondisi demikian tentunya akan ada hal yang diatur melalui raperda yang diajukan di DPRD Kotim itu.

Sehingga dengan perda ini, kata dia, masyarakat mendapatkan haknya untuk terlindungi dari bencana dan mendapatkan bantuan yang memadai sesuai dengan keperluannya apabila terjadi bencana. 

Sinar Kemala menyebutkan, tujuan penyelenggaraan raperda penanggulangan bencana adalah untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

"Tentunya raperda ini dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, resiko dan dampak bencana," kata dia, Rabu (3/4/2019).

Secara yuridis, lanjut dia, Fraksi Golkar, dalam penyusunan Perda nantinya mendorong untuk mengikuti kaidah dan aturan perundang-undangan yang telah ada sehingga tidak bertabrakan.

Sedangkan secara substantif Fraksi Golkar dalam penyusunan Perda penyelenggaraan penanggulan bencana nantinya perlu mendorong pembangunan sistem penyelenggaraan penanggulangan bencana yang terintegrasi dan menyeluruh.

Sehingga tidak hanya pada kebijakan penanganan, dampak saat terjadinya bencana. Akan tetapi perlu penyelenggaraan bencana yang sistemik mulai dari pencegahan bencana, yang meliputi program yang dirancang untuk memberikan perlindungan permanen dari bencana. (NACO/B-2)

Berita Terbaru