Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kedua Capres dan Cawapres Diharapkan Kawal Isu Sawit 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 04 April 2019 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang pemilihan presiden 2019, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden diharapkan mengangkat isu sawit, terutama dalam menangkal dampak dari kebijakan diskriminatif Uni Eropa (UE).  

Menurut pengamat Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Imaduddin Abdullah, kedua pasangan capres dan cawapres Pemilan Presiden 2019 turut memperjuangkan komoditas sawit.

"Menurut saya, ini duduk perkaranya bagaimana pun juga sawit merupakan komoditas unggulan Indonesia yang harus diperjuangkan, karena itu merupakan salah satu komoditas dengan penyerapan tenaga kerja paling banyak," ujar Imaduddin di Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Imanuddin menjelaskan bahwa sudah terbukti industri dan perkebunan sawit mampu mengurangi kemiskinan di daerah-daerah yang menjadi penghasil dari sawit.

"Namun memang masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, yakni pertama, isu keberlanjutan. Tidak bisa dipungkiri beberapa oknum masih melakukan pengelolaan sawit dengan tidak menerapkan praktik berkelanjutan. Ini menurut saya perlu didorong diskusi tersebut," kata Imaduddin.

Yang kedua, menurut dia, solusi ke depannya adalah bagaimana produktivitas dari sawit ini ditingkatkan sehingga kalau produktivitas meningkat, maka tidak perlu membuka lahan lagi.

"Cukup dengan lahan yang ada sudah menghasilkan produktivitas tinggi dan bisa memenuhi permintaan dari pasar global maupun domestik," tutur pengamat INDEF tersebut.

Sedangkan yang ketiga, lanjut Imaduddin, adalah kedua capres dan cawapres setelah menjadi pemimpin tertinggi negeri ini, mereka harus menjadi garda terdepan untuk memperjuangkan sawit di level internasional, mengingat ini menjadi komoditas andalan Indonesia.

Selain berharap kedua pasangan capres dan cawapres memperjuangkan sawit, pengamat INDEF itu juga menyarankan agar pembahasan sawit tidak cuma pada tataran produk minyak sawit mentah (CPO) namun juga lebih pada bagaimana sawit bisa diolah menjadi produk-produk lain yang memiliki nilai tambah lebih.

Adapun debat Pilpres 2019 akan memasuki tahap terakhir, dengan debat kelima akan membahas tema seputar ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan atau finansial, investasi, perdagangan serta industri.

Berita Terbaru