Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Deklarasikan Gerakan Percepatan Cegah dan Tanggulangi Stunting

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 April 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) dipimpin Gubernur Sugianto Sabran diikuti bupati/wali kota di provinsi ini menggelar deklarasi gerakan percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting. 

Acara yang berlangsung di Sampit, Kamis (4/4/2019) tersebut sebagai upaya mewujudkan dan menciptakan generasi muda tangguh, sehat, dan berdaya saing. 

"Hari ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sugianto Sabran, melakukan deklarasi bersama dalam percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting," ujar Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, di Sampit, Kamis (4/4/2019). 

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak usia di bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada periode emas 1.000 hari pertama kehidupan anak. Stunting juga menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. 

Tinggi badan balita stunting lebih rendah daripada standar umurnya. Ketika beranjak dewasa anak stunting rentan terhadap penyakit, kurang berprestasi di sekolah, rentan mengalami kegemukan, dan ketika dewasa lebih mudah terkena berbagai penyakit tidak menular seperti jantung dan diabetes.

Kondisi ini dinilai sangat berbahaya, sehingga pemprov terus berupaya mengejar agar stunting hilang di wilayah ini dapat ditekan. Karena berdampak besar bagi tumbuh kembang balita. 

"Mudah-mudahan dengan deklarasi ini, kedepan jumlah stunting bisa berangsur hilang di Kalteng," kata Fahrizal. 

Pada deklarasi tersebut ada tujuh poin yang ditegaskan, yakni :

1. Membuat regulasi untuk melaksanakan gerakan pencegahan dan penanggulangan stunting. 

2. Menggalang komitmen semua lintas sektor dan seluruh lapisan masyarakat. 

3. Menggerakan tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, aktivis, dunia usaha, dan organisasi masyarakat untuk mendukung pencegahan stunting. 

4. Menggalakan seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. 

Berita Terbaru