Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Anak di Indonesia Tidak Mengenyam Pendidikan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 April 2019 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini dari jumlah 90 juta anak yang wajib sekolah baik itu ditingkat dasar hingga menengah atas hanya 46 juta saja bersekolah. Sedangkan sisanya tidak mengenyam pendidikan atau meneruskan sekolah mereka. 

"Ini yang harus menjadi perhatian kita semua, tidak hanya pemerintah pusat hingga daerah, namun juga para orangtua," ujar Direktur Jenderal Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN, Ahmad Taufiq saat hadir pada kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Sampit, Kamis (4/4/2019). 

Data ini harus menjadi perhatian, karena saat ini banyak anak yang harus bekerja untuk mencari nafkah. Mereka tidak mampu bersekolah dengan alasan keterbatasan, sehingga akan berdampak pada masa depan mereka nantinya. 

"Pemerintah sudah berupaya dengan memberikan beasiswa kepada para anak di Indonesia, amun hanya untuk pendidikan saja, sedangkan keperluan lainnya seperti pakaian, buku, dan lainnya belum dilakukan. Sehingga hal ini juga menjadi dasar mereka tidak bersekolah," katanya. 

Keadaan ini sangat miris, apalagi anak seharusnya memiliki hak untuk bersekolah. Namun dengan keadaan yang tidak memungkinkan, mereka malah membantu keluarga mencari nafkah, entah itu di jalan, sawah dan pekerjaan lainnya. 

Pihaknya berharap ke depan baik itu pemerintah pusat dan daerah, dapat membantu dan mencari solusi untuk para anak-anak keluarga tidak mampu untuk bersekolah.

Sehingga kedepannya generasi penerus bangsa semakin banyak yang cerdas dan pintar untuk membangun negri ini menjadi lebih baik. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru