Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Murung Raya Tekankan 2 Hal Ini Soal CSR

  • Oleh Trisno
  • 04 April 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Menghadiri pembahasan corporate social responsibility (CRS) yang digelar PT Marunda Grahamineral (MGM) saat uji public pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di aula Kantor Bupati, Kamis (4/4/2019), Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinnor menekankan dua hal ini.

Dua hal yang harus jadi pedoman investor yang berinvestasi di Murung Raya di antaranya komunikasi dan pemberdayaan masyarakat yang harus benar-benar dibangun kuat di semua level.

“Yang pertama, adalah komunikasi, kita tahu proses perizinan saat ini bukan lagi menjedi kewenangan kabupaten, namun tidak serta merta di level kabupaten, kecamatan dan desa tidak diperlukan koordinasi,” kata Wabup.

Karena meski memiliki izin dari pusat, namun kekayaan alam adalah milik Kabupaten Mura, sehingga ada hak-hak masyarakat lokal yang harus dipenuhi.

"Ibarat pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung," tandas Wabup.

Poin kedua, dijelaskan Wabup, pemberdayaan masyarakat yang harus dilaksanakan secara serius dan berkelanjutan. Dalam hal ini PT MGM harus benar-benar bisa memberdayaakan masyarakat baik sector ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.

Karena keberadaan investasi tentu harus memberikan manfaat bagi masyarakat secara positif, karena apabila hal itu tidak dilaksanakan, tidak hanya akan berbenturan dengan peranturan perundang undangan namun juga akan berbenturan dengan masyarakat. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru