7.900 Personel Kodam Tanjungpura Disiagakan Guna Pengamanan Pemilu

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 April 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini 7.900 personel Komando Daerah Militer XII Tanjungpura sudah disiagakan untuk membantu kepolisian dalam hal pengamanan pemilu 17 April 2019.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam kunjungannya di Kodim 1014 Pangkalan Bun, Jumat (5/4/2019) menjelaskan bahwa pihaknya sudah siap membantu sesuai tupoksi dan UU TNI Nomor 34 Tahun 2004.

"Tadi dalam pertemuan dengan anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun sudah saya sampaikan, bahwa kita sebagai prajurit TNI AD, sesuai UU TNI nomor 34 tahun 2004 bahwa dalam pelaksanaan Pemilu,  tugas kita membantu pemerintah daerah dan Kepolisian serta membantu  KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu agar sehingga pelaksanaannya berjalan sukses aman dan tertib," jelasnya.

Karena itulah dia menekankan pada anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun agar benar-benar mematuhi dan menjalankan UU TNI tersebut dengan penuh kepatuhan.

"Karena kita sebagai prajurit TNI tidak boleh berada dalam satu sisi atau dalam tugas kita tidak boleh memihak dengan calon manapun atau kita harus benar-benar netral," tegas Pangdam.

Pangdam mengatakan, untuk itulah dalam kunjungannya meninjau Korem dan Kodim diwilayah Kodam XII Tanjungpura, ia dan rombongan sengaja melalui jalur darat 

"Dalam perjalanan, beberapa kali kami singgah diberbagai Korem dan Kodim. Kemudian setelah kunjungan saya ke Pangkalan Bun, rencananya hari ini juga saya bersama rombongan nantinya akan bergerak menuju Sampit, Palangka Raya dengan agenda serupa," jelasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru