Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Ingatkan TKSK, Karang Taruna dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Ujung Tombak Penanganan Sosial 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 05 April 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan, tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), karang taruna (KT) dan lembaga kesejahteraan sosial (LKS) merupakan ujung tombak dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). 

Ini disampaikan gubernur melalui Sekda Kalteng Fakhrizal Fitri ketika membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial, Program Pemberdayaan Kelembagaan Kesejahteraan Sosial Kalteng tahun 2019, Kamis (4/4/2019) malam.

"Seperti penanganan kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindakan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi," ucapnya. 

Ia menuturkan, pilar sosial seperti karang taruna, pekerja sosial masyarakat (PMS), Tagana dan TKSK diharapkan mampu memberikan dukungan dan kontribusi yang nyata kepada masyarakat Kalteng.

"Terutama penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Karena itu, sebagai ujung tombak kesejahteraan masyarakat, harus menjaga kekompakan dan berkoordinasi," pesannya.

Menurutnya, kehadiran TKSK, LKS dan karang taruna sangat penting karena kedepan tidak akan mudah menghadapi permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kalteng, Suhaemi mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan profesionalisme kinerja pengurus organisasi sosial atau lembaga kesejahteraan sosial.

Kemudian, menguatkan pengelolaan administrasi dan manajemen kelembagaan organisasi karang taruna serta meningkatkan sinergi dan koordinasi TKSK dengan lintas sektoral. Kegiatan berlangsung selama tiga hari berakhir pada Sabtu (6/4/2019) besok. (BUDI YULIANTO/B-2/Adv)

Berita Terbaru