Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lulusan SMA Tidak Melanjutkan Kuliah Bisa Manfaatkan Balai Latihan Kerja

  • Oleh Naco
  • 07 April 2019 - 09:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lulusan SMA di Kabupaten Kotawaringin Timur yang tidak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi bisa memanfaatkan balai latihan kerja (BLK) Kabupaten Kotim.

Anggota Komisi III DPRD Kotim, Sutik mengatakan saat ini untuk mendapatkan sebuah pekerjaan harus punya kemampuan dan keahlian. Apalagi persaingan di dunia usaha sangat ketat.

"Kalau lulusan SMK mereka meski tidak melanjutkan ke perguruan tinggi mereka sudah punya modal," kata Sutik, Minggu (7/4/2019).

Sementara itu untuk lulusan SMA mereka tidak punya skil apa-apa. Sehingga BLK wadah yang tepat untuk mereka menyiapkan keahliannya agar bisa membuka lapangan pekerjaan atau memenuhi kebutuhan kerja saat ini.

"Di BLK ini saya lihat banyak kursus yang dilakukan, mulai dari kursus servis kendaraan, menjahit, tata boga dan kecantikan," tegasnya.

Kursus itu kata dia rutin dilakukan, bahkan Sutik mengapresiasi karena banyak lulusan dari BLK itu bisa membuka pekerjaan sendiri. Sehingga kata dia keahlian dan kemampuan ini mutlak dimiliki.

Karena jika tidak punya keahlian maka hanya akan jadi buruh biasa saja kedepannya. Apalagi jika hanya mengandalkan ijasah SMA semata. Terlebih mereka yang tidak punya pendidikan sama sekali. (NACO/B-5)

Berita Terbaru