Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Pos Kendali Kendaran Berbobot Besar di Kotim

  • Oleh Naco
  • 07 April 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Shaleh mengmegaskan perlu adanya pos kendali di sekitar Jalan HM Arsyad Sampit.

Pos Kendali ini untuk mendukung kebijakan Gubernur Kalteng agar jalan itu tidak dilewati kendaraan berbobot besar atau di atas kemampuan muatan sumbu terberat (MST) 8 ton.

Shaleh mengatakan untuk mengefektifkan kinerja di lapangan, maka pos kendali dikelola oleh tim gabungan.

"Dengan adanya pos kendali diharapkan tidak ada lagi kendaraan angkutan berat dan truk tangki angkutan minyak mentah sawit atau crude palm oil (CPO) melintas di jalan di atas ketentuan itu," kata dia, Minggu (7/4/2019).

Upaya itu untuk membatasi berat kendaraan. Maka dari itu penting dibangun pos kendali lalu lintas itu. "Bisa saja pusatnya di Bundaran KB Jalan HM Arsyad karena itu keluar masuk kendaraan," tandasnya.

Gubernur kata Shaleh mau memperbaiki jalan itu asalkan kendaraan di atasnya harus ditertibkan. Maka dari itu sekarang bagaimana caranya Pemkab Kotim bisa berkontribusi untuk menertibkan angkutan tersebut.

Di satu sisi, kata Shaleh memang diakui kelas jalan yang dimiliki pememrintah saat ini memang tidak seimbang dengan pesatnya arus investasi.

Kelas IIIC bukannya peruntukan untuk angkutan hasil perkebunan atau sejenisnya. Sudah salayaknya ada jalan khusus dan bukan melalui jalan umum lagi. (NACO/B-6)

Berita Terbaru