Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ABK Tugboat Brahma Tenggelam di Sungai Barito

  • Oleh Uriutu
  • 07 April 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kecelakaan air di Desa Marawan Lama, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan mengakibatkan satu orang anak buah kapal (ABK) Tugboat Brahma I penarik tongkang Terang 315 hilang tenggelam di Sungai Barito, Jumat (5/4/2019) sekitar pukul 11.30 WIB.

ABK yang tenggelam ini bernama David Rande Kondolele (26) warga Linda Kecamatan La'bo' Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kaposek Dusun Utara IPDA Driono melalui Kanit Reskrim Bripka Karyanto kepada Borneonews.co.id, Minggu (7/4/2019) mengungkapkan kronologis kejadiannya berawal saat kapal Brahma 1 dengan gandengan tongkang Terang 315 mengalami kandas di DAS Barito tepatnya di Desa Marawan Lama.

Sekitar pukul 10.00 WIB kapal Brahma I melakukan upaya menarik tongkang Terang 315 dibantu kapal Eka Moris agar bisa lepas dari kandas.

Namun kedua kapal ini tidak sanggup menarik, sehingga kapal Eka Moris melepaskan tali dari tongkang, sedang tali kapal Brahma masih terikat pada tongkang.

Tanpa diduga tiba-tiba tongkang bergeser, sehingga kapal Brahma 1 tertarik tongkang mengakibatkan miring dan hampir tenggelam.

“Saat kapal miring dan hampir tenggelam itulah korban yang berada di samping kapal tiba-tiba terjun ke sungai,” ungkapnya.

Sekitar 30 detik korban muncul di permukaan sungai sambil melambaikan tangan. Kemudian craw kapal melempar pelampung. Namun naas korban tidak sempat memegang pelampung yang dilempar oleh temannya itu.

Korban hanyut terbawa arus sungai dan tenggelam. “Hingga hari ini korban masih belum ditemukan dan kita masih melakukan pencarian,” bebernya. Adapun ciri-ciri korban memakai kaos warna hitam, celana pendek hitam, tinggi badan 165 cm, memiliki jenggot, dan kumis. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru