Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Non Formal Bertujuan Penuhi Kebutuhan Belajar Masyarakat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 April 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Ilham Anwar mengatakan, keberadaan dari lembaga pendidikan non formal sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia di daerah.

Ilham mengatakan, pendidikan non formal merupakan salah satu jalur pendidikan pada sistem pendidikan nasional untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang tidak dapat dijangkau dan dipenuhi oleh pendidikan formal. 

"Pendidikan non formal memberikan berbagai pelayanan pendidikan bagi setiap masyarakat untuk memperoleh pendidikan sepanjang hayat," ucap Ilham kepada wartawan, Senin (8/4/2019).

Selain itu, dia menerangkan pendidikan merupakan kebutuhan dasar termasuk pendidikan kesetaraan yang diprioritaskan pada anak umur 7 sampai 18 tahun yang merupakan usia wajib belajar. 

“Merujuk pada ketentuan tersebut mengandung konsekuensi Pemerintah Daerah wajib membiayai pendidikan kesetaraan program Paket A, B, dan C mengingat keuangan daerah yang terbatas," katanya.

"Oleh karena itu, kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat mengalokasikan DAK Nonfisik BOP Kesetaraan untuk membantu daerah memenuhi layanan pendidikan bagi peserta didik program kesetaraan,” lanjutnya.

Untuk itulah, dia berharap dalam menjalankan program atau kegiatan hendaknya mengikuti peraturan dan petunjuk teknis yang sudah ditentukan dan ia menekankan agar selalu melaporkan kegiatan atau program yang dilakukan secara berkala dan berjenjang.

"Sehingga kontrol atau pengawasan baik dari Penilik Pendidikan non formal, UPTD, dan pemerintah setempat agar pelayanan pendidikan di masyarakat tetap terarah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru