Bupati Katingan Sebut Penyuluh Garda Terdepan Pelayan Masyarakat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 April 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menyebut keberadaan penyuluh adalah garda terdepan aparatur pemerintah sebagai pelayan masyarakat dibidang pertanian.

"Penyuluh harus bisa sebagai inisiator, motovator dan fasilitator dalam menggerakkan pembangunan pertanian di wilayah kerja atau desa binaannya," tutur Bupati Katingan Sakariyas saat menghadiri pertemuan teknis penyuluh pertanian dan perikanan di gedung BPKAD, Senin (8/4/2019).

Untuk itu Sakariyas menyambut baik pertemuan teknis penyuluh pertanian dan perikanan ini, dengan harapan pertemuan ini dapat dijadikan sebagai wadah konsultasi, penyamaan persepsi, saling ukar informasi, koordinasi dan sekaligus sebagai wadah silaturahmi baik antara penyuluh maupun instansi terkait.

Sehingga dapat menjadi acuan untuk penyuluh dalam pembangunan pertanian dan perikanan kedepan yang penuh dengan tantangan.

Untuk menjawab tantangan pembangunan pertanian dan perikanan ini telah didukung oleh payung hukum yakni UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang sistem penuluhan pertanian dan perikanan.

Sistem penyuluhan pertanian dan perikanan, kata Bupati Sakariyas merupakan proses pembelajaran bagi pelaku utama agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam menghakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan kesejahreraanya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

"Di era reformasi kita dituntut lebih peka mendengar aspirasi serta informasi dari masyarakat, untuk itu penyuluh juga merupakan ujung tombak terdepan dalam pembangunan pertanian dan perikanan sekaligus merupakan penyelenggara pemerintahan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru