Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Erick Thohir: Perlu Inovasi Industri Agar Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Makin Melesat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 April 2019 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Melihat potensi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang cukup tinggi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Calon Presiden Jokowi-Maruf Amin,  Erick Thohir menilai perlunya inovasi dibidang industri.

Inovasi ini diperlukan untuk lebih menguatkan lagi pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah yang memang sudah memimpin di kawasan Kalimantan.

"Inovasi industri itu bisa berupa pengolahan bahan baku sehingga punya nilai jual tinggi ketimbang menjual produk aslinya," tutur Erick Thohir, Senin (8/4/2019).

Ketua tim yang memang memiliki background pengusaha ini mencontohkan salah satu langkah inovasi bisa dengan mengolah limbah kelapa sawit menjadi bio plastik, atau produk komersial yang memberikan nilai tambah.

"Selain itu bisa juga rotan yang bisa dimasukkan unsur ekonomi kreatif sehingga kegunaannya bisa bernilai lebih tinggi," tambahnya.

Apalagi,  lanjut dia, saat ini Kalteng merupakan wilayah ketiga tertinggi penyuplai CPO (Crude Palm Oil) dengan produksi rata rata 4.500 juta ton.

Dia yakin melalui inovasi industri perkebunan, maka akan berdampak positif bagi Kalteng, berupa lapangan kerja bertambah dan ekonomi meningkat.

"Begitu pula dengan rotan di Kabupaten Kantingan yang setiap tahun produksinya mencapai 15.000 ton pertahun yang dihasilkan dari sekitar 325 ribu hektar hutan rotan," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru