Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Retribusi Berperan Penting Sebagai Penyumbang PAD

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 April 2019 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya menilai pajak retribusi memiliki peran penting sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun khusus untuk minuman beralkohol pemerintah juga perlu untuk memperketat pengawasan dan perizinan agar semuanya legal dan jelas.

“Regulasi minuman beralkohol yang diberlakukan bisa menghasilkan atau mendapatkan PAD, terutama dari retribusi. Hanya saja perizinan harus ketat diberikan kepada para pelaku usaha minuman beralkohol. Jangan sampai asal jual dan tidak terkendali,” ucap anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer, Selasa (9/4/2019).

Dia mengingatkan dalam hal pengawasan setiap usaha minuman beralkohol yang dijalankan harus dipastikan legalitas, dengan target dan tujuan utama untuk mengetahui peredaran besaran minuman beralkohol, namun bisa terkendalikan.

“Seperti saya katakan untuk perda minuman beralkohol ini, ngeri-ngeri sedap, dampaknya bisa baik positif maupun negatif," canda At Prayer.

Namun dia yakin jika dikelola dengan baik pengaturan usaha minuman beralkohol akan berdampak positif, jika memang dilakukan pengendalian yang baik sebagai salah satu spot pemasukan daerah. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru