Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Terima 103 Dus Logistik Pemilu Tambahan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 April 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menerima 103 dus yang berisi logistik Pemilu  2019.

Ketua KPU Kabupaten Kobar Chaidir, Selasa (9/4/2018) menjelaskan, dus logistik berisi surat suara tambahan dan pengganti surat suara yang kurang serta rusak yang ditemukan saat penyortiran, tiba di Kabupaten Kobar, Senin (8/4/2019) malam.

"Saat ini surat suara masih kami simpan di gudang dan belum dibuka.  Karena ada prosedur yang harus dilewati sebelum membuka dan menghitung surat suara, diantaranya harus melibatkan pihak Bawaslu dan Kepolisian," jelas Chaidir.

Karena itulah, lanjut Chaidir, pihaknya masih belum bisa memberikan jumlah pasti berapa jumlah rinci surat suara yang diterima.

"Kemungkinan sore ini  logistik pemilu tambahan tersebut akan kita buka dan dilakukan penghitungan bersama dengan pihak terkait,” jelas Chaidir.

Menurut Chaidir, logistik pemilu tambahan dan pengganti tersebut adalah salinan formulir C1 sebanyak 44 dus, salinan formulir untuk C1 DPD RI sebanyak 54 dus, dan tambahan surat suara sebanyak 5 dus.

“Khusus untuk surat suara tambahan biasanya dalam 1 dus berisi 500 lembar surat suara. Bila jumlahnya  dikali lima maka terdapat jumlah  sekitar 2.500 lembar. Berbeda dengan dus formulir isi tiap dusnya tidak sama dengan surat suara tambahan,” jelas Chaidir.

Selain itu, menurut Chaidir bila dari tambahan logistik yang dikirimkan ini ada yang rusak atau mengalami kekurangan  lagi, maka pihak KPU Kabupaten Kobar akan secepatnya mengajukan penambahan kembali.

“Walau demikian kami harapkan jumlah logistik yang baru saja diterima ini  sudah cukup untuk keperluan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kobar," jelas Chaidir. (KRIDA/B-5)

Berita Terbaru