Tujuan Sama, Jangan Abaikan Sekolah Swasta

  • Oleh Naco
  • 09 April 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Hero Harapanno Mandouw meminta pemerintah tidak mengabaikan sekolah swasta. Mulai dari akademik hingga urusan fasilitas penunjang, karena tujuannya sama demi negeri.

Menurut Hero, sekolah swasta dan negeri itu punya orientasi sama yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dari itu pemerintah daerah jangan ada kesan menganaktirikan sekolah swasta.

"Sekolah swasta seharusnya juga mendapat perhatian dari pemerintah. Karena tidak ada perbedaan sekolah swasta dengan negeri, bahkan sekolah swasta ada yang sudah terakreditasi juga," kata dia, Selasa (9/4/2019)?

Jangan ada perbedaan ini kata dia agar memberikan ruang bagi siswa untuk menempuh pendidikan yang seluas-luasnya. Dari itu ditekankan pada penerimaan peserta didik baru nanti, pemerintah daerah mesti mengantisipasi bagaiamana caranya agar sekolah swasta juga mendapatkan siswa.

Salah satunya dengan sistem kouta yang ada di setiap sekolah harus dibatasi. Sehingga ketika sudah mencukupi kouta sekolah negeri jangan diberikan ruang baru untuk menambah sehingga tidak ada kesan monopoli.

Apabila hal demikian tidak dilakukan, kata Hero maka lambat laun sekolah swasta akan tutup. "Kalau berbicara soal kualitas, sekolah swasta tidak kalah bersaing, bahkan untuk kota besar sekolah swasta lebih banyak diunggulkan," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru