Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jarang Hujan, DAS Katingan Makin Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 April 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara curah hujan mulai jarang terjadi sehingga menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) Katingan semakin surut.

Pantauan borneonews.co.id Selasa (9/4/2019) Sungai Katingan di Kasongan sekitar Jembatan Sei Katingan tampak menyurut kira-kira sedalam empat meter dari bibir sungai. Surutnya Sungai Katingan ini dikeluhkan sejumlah warga.

"Kalau sungai surut kita harus mengangkut barang-barang dari bawah, beda saat air pasang kelotok bisa langsung bisa menepi," tutur Ari, pemilik kelotok di Pelabuhan Lama Kasongan.

Keluhan sama diutarakan pemilik keramba ikan di Sungai Katingan wilayah Kasongan. Pasalnya, debit air yang surut dan kualitas air sungai yang dinilai buruk atau keruh diyakini dapat memicu kematian ikan keramba mereka terutama yang masih umur 0-3 bulan.

Sebab biasanya debit air yang surut dan kualitas air yang keruh itu menyebabkan ikan keramba banyak yang mati.

"Kalau surutnya hanya beberapa hari saya kira masih aman, tapi kalau sudah seminggu lebih mungkin saja ikan keramba kita tidak tahan," kata Amat salah seorang pemilik keramba ikan di Kasongan.

Untuk itu ia berharap DAS Katingan ini bisa kembali pasang. "Mudah-mudahan kedepan masih sering-sering hujan, sebab kalau seminggu aja tidak ada hujan dapat dipastikan Sungai Katingan ini surut," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru