Dalam Empat Hari Tiga Nyawa Melayang di Jalan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 April 2019 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Dalam kurun waktu empat hari terakhir, telah terjadi empat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lamandau. Dari empat peristiwa tersebut, tiga orang dinyatakan meninggal dunia. 

Kecelakaan pertama terjadi pada Sabtu (6/4/2019). Saat itu, seorang karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Nirmala Agro Lestari (NAL) meninggal dunia akibat terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya, lalu terhantam dump truk dari arah berlawanan. Peristiwa itu terjadi di jalan perusahaan.

Kemudian pada Minggu (7/4/2019), terjadi lagi kecelakaan lalu lintas di Desa Nyalang. Seorang warga dari Desa Sepoyu yang mengendarai sepeda motor, meninggal dunia setelah bertabrakan dengan truk.

Terakhir, dua kecelakaan lalu lintas terjadi pada Selasa (9/4/2019). Pertama di jalan trans Kalimantan, Km 23, Kecamatan Bulik yang melibatkan sepeda motor dan sebuah dump truk. Kedua, sebuah mobil pikap mengalami kecelakaan tunggal di sekitar Simpang Sepaku. Untuk peristiwa yang terjadi di KM 23, pengendara motor yang juga seorang guru SD meninggal dunia akibat luka parah. 

"Dari empat kecelakaan yang terjadi tersebut, tiga orang pengendara motor meninggal dunia," ungkap Kasatlantas Polres Lamandau AKP Fathadin Ali Najib.

Ali Najib memastikan, para pengemudi dump truk saat ini sudah diamankan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. 

Melihat banyaknya kasus kecelakaan dalam beberapa hari terakhir, Ali Najib mengimbau masyarakat, terutama pengendara agar lebih berhati-hati saat berada di jalan. 

"Hargai pengguna jalan lain agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Berhati-hati saat berkendara bukan hanya untuk kepentingan ataupun keselamatan orang lain tetapi juga untuk kepentingan diri sendiri," ujarnya.

Najib juga mengatakan, selain melakukan upaya penertiban melalui sosialisasi langsung kepada masyarakat sampai dengan razia, pihaknya juga telah memasang puluhan spanduk imbauan agar pengguna jalan berhati-hati di titik-titik yang rawan terjadi kecelakaan. 

"Seperti kita ketahui, kondisi jalan di daerah kita ini, khususnya jalan trans Kalimantan sudah mulai bergelombang dan bahkan berlubang. Jika kurang berhati-hati dan lalai ketika berkendara, bisa menyebabkan kecelakaan," tegas Kasatlantas yang baru bertugas selama tiga pekan di Polres Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru