Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Kapuas Harapkan Pancasila Jadi Pedoman Dalam Bermasyarakat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 April 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dengan telah dilaksanakannya sosialisasi aktualisasi nilai-nilai Pancasila kepada para pelajar di Kecamatan Basarang, Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor mengharapkan Pancasila dapat benar-benar menjadi pedoman dalam bermasyarakat.

Menurut Nafiah melalui sosialisasi ini diharapkan empat konsensus dasar nasional yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pedoman dalam kehidupan, bermasyarakat dan bernegara di Indonesia khususnya di Kapuas.

“Kami harapkan dengan sosialisasi ini para peserta dapat turut berperan bersama pemerintah dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya, Rabu (10/4/2019).

Lebih lanjut para peserta nantinya dapat turut berperan bersama pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan daerah, terutama dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Kita bisa melihat Pancasila itu hanya dipahami secara ceremonial saja, itupun sekali setahun seperti memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hal ini yang menjauhkan kita dari nilai-nilai yang sebetulnya ingin dijadikan Blue Print dalam kehidupan kita saat ini,” harapnya.

Dia menuturkan setelah reformasi, kosakata Pancasila, konsep Pancasila semakin jauh dari pembicaraan dan wacana.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kapuas berusaha untuk kembali membicarakan hal tersebut dalam satu kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

"Terima kasih saya sampaikan kepada narasumber yang telah berkenan untuk memberikan materi Sosialisasi Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila pada hari ini, karena dapat memberikan pemahaman kepada generasi muda," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru