Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besarnya Dana Desa Rawan Penyalahgunaan

  • Oleh Ramadani
  • 10 April 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Besarnya alokasi dana dari APBN untuk pembangunan desa, khususnya di Kabupaten Barito Utara, tentunya menjadi sorotan.

Menurut Bupati Barito Utara Nadalsyah, besarnya dana yang bersumber dari APBN, rawan disalahgunakan. Sehingga perlu banyak pihak untuk melakukan pengawasan dan pengawalan berjenjang. Dimulai dari desa hingga tingkat pusat dan akan ditambah dengan masuknya Polri.

“Untuk 2018 lalu terdapat beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Utara yang mengalami keterlambatan dalam penyaluran dana desa. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah belum siapnya desa dalam memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi sebagai dasar untuk melakukan penyaluran dari rekening kas umum daerah (RKUD) ke rekening kas desa (RKD),” sebut Nadalsyah, Rabu (10/4/2019).

Demikian juga terkait keterlambatan pertanggungjawaban keuangan desa. Acap menjadi permasalahan yang terus berulang-ulang. 

“Oleh karenanya saya meminta kepada seluruh camat dan kepala desa, serta BPD, agar mulai tahun in hal-hal tersebut tidak terjadi lagi,” tegasnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru