Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Investor Diminta Bina Masyarakat Kembangkan Pertanian untuk Kebutuhan Perusahaan

  • Oleh Trisno
  • 10 April 2019 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya (Mura) Nyarutono Tundjan meminta perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah ini memprogramkan pembinaan sektor pertanian pada masyarakat sekitar lokasi perusahaan.

Tujuannya agar secara bertahap masyarakat mampu mengembangkan usaha pertaniannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan terkait komoditi yang dibutuhkan.

“Kalau bicara saat ini tentu masyarakat belum mampu memenuhi seluruh suplai kebutuhan. Perusahaan masih meminta pasokan dari luar daerah, bayangkan saja, untuk kebutuhan beras saja per hari di satu perusahaan bisa mencapai 1 ton bahkan lebih,” katanya, Rabu (10/4/2019).

Untuk itu harus ada upaya perusahaan bekerja sama dengan pemerintah mendorong masyarakat menanam pagi untuk bisa mensuplai kebutuhan beras perusahaan.

Dengan kondisi ini perusahaan diuntungkan dengan tidak lagi harus jauh menerima suplai dari luar daerah, masyarakat juga diuntungkan dengan keuntungan penjualan berasnya.

"Itu baru beras. Belum lagi kebutuhan lainnya seperti sayur mayur, lauk pauk dan kebutuhan pangan lain," sarannya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru