Pemkab Lamandau Gelar Bimbingan Manasik Calon Haji

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 April 2019 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Lamandau, menyelenggarakan bimbingan manasik haji bagi para jamaah calon haji, Rabu (10/4/2019).

Puluhan JCH  yang akan memunaikan ibadah haji tahun ini ataupun yang telah masuk dalam daftar tunggu (waiting list) haji, nampak serius mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Gedung LPTQ Lamandau, Jalan Batu Batanggui, Nanga Bulik itu. 

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto mengatakan bimbingan manasik haji merupakan salah satu upaya dalam memberikan pemahaman kepada para JCH agar bisa menunaikan ibadah haji dengan benar.

"Kita memfasilitasi para JCH. Selain mengadakan bimbingan manasik haji, biasanya pada saat pemberangkatan JCH juga kita fasilitasi, begitupula pada saat pemulangannya," ungkapnya. 

Sementara, saat memberikan sambutan sesaat sebelum membuka kegiatan bimbingan manasik haji, Wabup Riko juga memberikan pesan khusus terhadap para JCH.

Dirinya meminta agar para JCH dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam bimbingan manasik yang dilaksanakan. 

"Terlebih, selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan utamanya tentang tatacara pelaksanaan ibadah haji dengan adanya beberapa pemateri, nantinya juga akan dilakukan prakteknya secara langsung," terangnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bagian Kesra Setda Lamandau, Abdul Kohar. Dirinya menyebut, selain paparan materi, para JCH juga bakal mengikuti praktek tata cara pelaksanaan ibadah haji. 

"Sehingga pada saat berada di tanah suci, para jamaah tidak lagi bingung. Hari ini hanya materi saja yang disampaikan. Besok baru prakteknya, salah satunya tatacara tawaf," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru