Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPN Kotim Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 April 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kamis (11/4/2019). 

Pencanangan tersebut langsung dihadiri Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Pelopor M dan Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri. 

Pencanangan tersebut sangat diapresiasi pemerintah daerah. Hal itu dikarenakan birokrasi masih menunjukkan kesan negatif, dengan alasan belum merespon keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, efisien, tepat waktu, dan sederhana. 

"Meningkatkan kepercayaan masyarakat perlu reformasi birokrasi yang profesional, ramping dan bebas hambatan. Sehingga apa yang dilakukan ini (pencanangan), cara yang sangat tepat," kata Taufiq.

Selain itu, Pemkab Kotim juga siap memberikan dukungan untuk mencapai WBK dan WBBM tersebut. Sehingga BPN Kotim bisa menerapkan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan efisien. 

"Yang terpenting dilakukan adalah menanamkan sifat jujur, konsisten, dan berani. Sehingga bisa terwujud manusia atau aparatur BPN yang bebas dan jauh dari korupsi," kata Taufiq. 

Sementara Kepala Kanwil BPN Kalteng, Pelopor M mengatakan, pencanangan zona integritas di BPN Kotim ini adalah yang pertama di Kalteng. Kemudian, akan diikuti BPN Kota Palangka Raya. Dengan harapan nantinya menjadi lokomotif BPN kabupaten lainnya. 

"Ini adalah upaya kami untuk kembali ke format birokrasi yang bersih dan pelayanan baik. Mudah-mudahan dalam setahun ke depan akan terwujud," kata Pelopor. 

Kegiatan itu dilakukan dengan maksud untuk melayani masyarakat tanpa indikasi perbuatan korupsi, melayani masyarakat apa adanya. Sehingga warga bisa merasakan kenyamanan pelayanan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru