Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1.154 Personel Gabungan Siap Amankan Pemungutan Suara di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 11 April 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 1.154 personel keamanan gabungan siap mengamankan penyelenggaraan pemungutan suara pada pemilu serentak 2019 di Kabupaten Barito Selatan. 

Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan merinci, sebanyak 1.154 personel tersebut terdiri dari 185 personel Polres atau 2/3 dari jumlah anggota, 30 personel BKO Brimob, 31 personel BKO Staf Polda Kalteng, 828 anggota Linmas, dan 80 personel TNI dari Kodim 1012/Buntok. 

“Untuk memaksimalkan pengamanan pemungutan suara kita menurunkan 1.154 personel gabungan mengamankan sebanyak 414 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah Barsel,” kata Wahid Kurniawan.

Ia pun menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam rangka pengamanan bagi seluruh personel gabungan.

Di antaranya, perkuat soliditas dan sinergisitas TNI-Polri dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar, dan damai.

Kemudian, jaga netralitas serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu.

Dorong seluruh elemen, baik KPU, Bawaslu, caleg, parpol dan masa pendukung, pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru