Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Orang Membobol Bangunan Walet, Dua Lainnya Mengawasi Situasi

  • Oleh Naco
  • 12 April 2019 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aksi kawanan residivis spesialis maling walet Rn, In, Ri, At, dan En sudah mereka rencanakan dengan baik. Meski akhirnya gagal dan menyeret mereka ke jeruji besi karena menganiaya penjaganya.

"Rencananya Rn, In dan saya bertugas masuk ke rumah penjaga gedung walet dan mengamankan penjaga sedangkan Ri dan At berjaga-jaga di luar," kata Elan, Jumat (12/4/2019)

Diceritakan para tersangka, perbuatan itu mereka lakukan pada 18 Februari 2019 sekitar pukul 24.00 WIB di Jalan HM Arsyad KM 9, Desa Eka Bahurui RT 12 RW 1 Kecamatan MB Ketapang Kabupaten, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Para pelaku menuju bangunan walet tersebut. Tersangka In mengetuk pintu rumah penjaga walet dan meminta untuk membukanya. Bahkan ia memberitahu ingin memanen sarang walet tersebut dan meminta agar jangan ada yang melawan.

Namun saat itu penjaga malah berteriak hingga mereka mencongkel pintu dengan linggis dan berhasil masuk. Sementara 1 orang penjaga sempat melarikan diri. Sedangkan di dalam rumah penjaga tersebut ada seorang perempuan dan laki-laki, mereka membekap keduanya .

Salah seorang penjaga sempat melakukan perlawanan hingga Rn dan In memukulnya, bahkan En sempat menggunakan parang yang ia bawa diarahkannya ke korban.

Dari catatan kriminalnya, Rn dan En sebelumnya sudah pernah masuk penjara atas kasus serupa. Rn merupakan warga yang tinggal di Jalan Kopi Selatan, Kelurahan Ketapang Kecamatan MB Ketapang.

In warga Desa Sungai Deden, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat sedangkan Ri merupakan warga asal Desa Tangar, Kecamatan mentaya hulu yang juga bermukim di Gang Tarbiyah Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang.

Sementara At warga Jalan Imam Bonjol Desa Kuala Pembuang II, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan dan En merupakan warga Jalan Baamang Hulu 1 RT 3 RW 1 Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur. (NACO/B-2)

Berita Terbaru