Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Keseriusan Pemerintah Capai Swasembada Daging

  • Oleh Naco
  • 13 April 2019 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Target pemerintah daerah mencapai swasembada daging perlu keseriusan secara total, tidak bisa dilakukan jika masih setengah hati.

Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur mengatakan, daerah ini berpeluang dan mampu untuk mencapai target swasembada daging sapi.

“Kalau kita mau swasembada daging jangan setengah-setengah, harus serius,” kata Rudianur, Sabtu (13/4/2019)

Salah satu yang terpenting dalam mencapai target ini yakni koordinasi antar instansi terkait pemangku kepentingan di daerah.

Ia menjelaskan, Kotim mempunyai ratusan hektare lahan perkebunan kelapa sawit. Setiap hektare yang sudah berproduksi bisa menjadi sumber pakan untuk dua ekor sapi.

Menurut dia, selain potensi integrasi sapi-sawit hal lain yang bisa menjadi solusi untuk mencapai target swasembada daging yakni perlunya dibuat peraturan daerah tentang pengendalian pemotongan ternak sapi betina produktif. Sehingga sapi betina ini bisa terus menghasilkan bibit.

Selain itu, sudah seharusnya Kotim memiliki lahan yang luas untuk tempat pembibitan hingga pembesaran sapi. Sebab, selama ini bantuan bibit sapi sifatnya masih sporadis dengan minim pengembangan. (NACO/B-2)

Berita Terbaru