Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bersihkan Lahan, Warga Diminta Tidak Membakar

  • Oleh Naco
  • 13 April 2019 - 12:44 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat yang membersihkan lahan diminta untuk tidak membakarnya. Itu diingatkan oleh tim terpadu kebakaran hutan, lahan dan kebun dalam patroli rutin yang mereka lakukan

"Di mohon agar lahan ini tidak dibakar Pak," kata Brigpol Ahmad Marjuki, petugas Polres Kotim saat bersama petugas TNI dan Maggala Agni saat menyambangi warga di Jalan Jenderal Sudirman Km. 11, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan MB. Ketapanng, Kabupaten Kotim, Sabtu (13/4/2019).

Kepada warga bernama Badrun itu, tim Patroli terpadu memberikan sosialisasi tentang sanksi-sanksi untuk pelaku pembakaran hutan dan lahan serta membagikan selebaran UU tentang Karhutlabun. Selain itu mereka mengajak bersama-sama menjaga daerah sekitarnya dari bahaya karhutlabun.

Selain di Jalan Jenderal Sudirman Km. 13, masuk ke Jalan Bersemi, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan MB. Ketapang Kabupaten Kotim, mereka menemukan beberapa lahan milik masyarakat yang tidak terawat, dengan luasan sekitar 1 Ha dan 2 Ha.

Di mana di areal itu tidak ada sumber air sehingga sangat rawan terjadi kebakaran lahan, sama halnya dengan beberapa tempat lalu yang mereka sambangi.

Selain ke objek seperti itu, petugas juga menyambangi warga yang melakukan aktivitas kebun. Di mana kepada pekebun itu juga ditegaskan untuk tidak membakar lahan. Karena jika ditemukan maka sanksi yang diberikan tegas. (NACO/B-2)

Berita Terbaru