Caleg Terbukti Lakukan Politik Uang akan Didiskualifikasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 April 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah mengajak seluruh peserta pemilu maupun masyarakat untuk tidak melakukan politik uang (money politic).

Sanksinya pun juga tidak main main. Calon anggota legislatif (caleg) yang kedapatan dan terbukti main money politic, bisa didiskualifikasi dari kontestasi pemilu.

"Bawaslu tidak segan-segan akan mendiskualifikasi yang terbukti melakukan politik uang. Termasuk sanksi hukum dan administrasi," tegas Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi, Minggu (14/4/2019).

Satriadi menjelaskan, sanksi administrasi dimaksud adalah pembatalan pencalonan, sekalipun peserta memperoleh kursi di DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi DPRD kabupaten/kota.

“Tidak hanya pembatalan saat masih sebagai calon, tetapi juga dibatalkan saat sudah menduduki kursi legislatif. Dengan catatan memang terbukti melakukan pelanggaran,” ucapnya.

Selain itu, terkait aspek aspek profesionalisme penyelenggara pemilu pihaknya juga akan mengawasi sampai ke Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS). (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru