Tiang Pancang Jembatan Tumbang Samba Ditabrak Tongkang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 April 2019 - 06:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pembangunan Jembatan Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan yang kini tengah berlangsung dan direncanakan selesai akhir tahun 2019 mendatang menjadi terganggu.

Pasalnya, sejumlah tiang pancang Jembatan Tumbang Samba, ini rusak setelah ditabrak tongkang sarat muatan kayu log, Minggu (14/4/2019).

Jembatan Tumbang Samba ini terbentang di Sungai Katingan dari Desa Telok menuju Desa Samba Danum dengan panjang mencapai 843,2 meter.

Pembangunan fisik jembatan ini mulai dikerjakan pada 2017 dengan sistem multiyears hingga 2019.

Akan tetapi beberapa tiang pancang yang belum lama ditancapkan di dasar Sungai Katingan sebagai penyangga konstruksi bangunan jembatan sudah rusak ditabrak tongkang yang memimilirkan ratusan kayu log.

Peristiwa bermula ketika sebuah tongkang sarat muatan kayu log itu bergerak dari arah Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei.

Tongkang ini rencananya memilirkan kayu log hingga ke wilayah Pagatan Kecamatan Katingan Kuala yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Akan tetapi setibanya di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, tepatnya di areal pembangunan Jembatan Tumbang Samba, tongkang yang mengangkut kayu bulat ini nyelonong hingga menabrak beberapa tiang pancang.

Akibatnya beberapa tiang pancang roboh dan tenggelam. 

"Kejadiannya Minggu siang. Akibat dihantam tongkang beberapa tiang jembatan itu rusak," tutur Hadi warga Tumbang Samba, Senin (15/4/2019).

Berita Terbaru