Jelang Pemilu, Harga Sarang Walet Anjlok hingga Rp2 Juta per Kilogram

  • Oleh Naco
  • 15 April 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jelang hari H pemilu, pemilik usaha walet menjerit. Pasalnya, harga sarang yang sebelumnya tembus hingga Rp16 juta per kilogram kini anjlok menjadi Rp2 juta per kilogram.

Pemilik usaha walet di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Dani, menyebut harga sarang yang hanya di kisaran Rp 2 juta per kg cukup mengejutkan. Pasalnya, beberapa pekan lalu harganya masih normal di angka Rp15,5 juta hingga Rp16 juta per kg.

"Belum diketahui secara persis apa penyebab turunnya harga sarang tersebut. Mudahan setelah pemilu harga kembali normal. Kemarin di angka Rp4 juta per kg. Hari ini hanya Rp2 juta," kata Dani, Senin (15/4/2019).

Kondisi ini juga dikeluhkan pengusaha walet lainnya, M Zainudin. Menurut pengusaha asal Baamang ini, harga sarang walet miliknya di kisaran Rp4 juta. Itupun hanya ada beberapa pengepul yang berani membeli.

"Banyak pengepul yang bertahan membeli. Karena harganya anjlok. Informasi dari turunnya harga ini masih belum jelas. Ada yang bilang karena masalah pemilu dan ada juga karena permasalahan lain di tingkat pembeli,"  kata dia.

"Jauh sekali turunnya, kalau hari ini ada yang beli cuma Rp3 juta per kg," kata Kiki, pengusaha walet lainnya. 

Mereka berharap kondisi ini tidak berlangsung lama. "Terkejut kami. Kalau biasanya turun hingga Rp1 juta atau Rp2 juta tidak masalah ini jauh sekali turunnya," sebut dia. (NACO/B-3)

Berita Terbaru