Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Bupati Katingan saat Buka Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan I 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 April 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menyampaikan sejumlah pesan untuk kepala SOPD maupun peserta, rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) pelaksanaan rencana pembangunan triwulan I, Kamis (18/4/2019).

Sakariyas mengatakan, ada beberapa hal yang harus disampaikan sesuai arahan Presiden RI dan Gubernur Kalteng, sehubungan dengan pelaksanaan pembangunan daerah.

Pertama, yakni aparatur pemerintah agar mampu menjaga amanah setiap rupiah anggaran yang dikumpulkan dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), untuk kegiatan yang memberi nilai tambah pada pembangunan, serta kesejahteraan rakyat.

Kemudian, memastikan alokasi anggaran fokus pada kegiatan utama yang langsung dirasakan masyarakat. Pemerintah diminta mampu menghemat belanja pendukung.

Aparatur pemerintah juga harus menghilangkan budaya penyalahgunaan anggaran, pemborosan, markup, maupun perbuatan menyimpang lainnya.

Selanjutnya, semua kepala satuan kerja dan perangkat daerah wajib ikut serta dalam pengawasan, sembari mengoptimalkan dukungan aparat pengawas internal pemerintah daerah. 

Pesan lainnya, agar meningkatkan koordinasi dan sinergisitas antar kementerian, pemda, maupun antara pusat dan daerah, agar output kegiatan pembangunan tercapai secara efektif dan efisien.

Aparat pemerintah juga harus terus mengomunikasikan dan mensosialisasikan kepada publik segala kegiatan, anggaran, dan hasil-hasil output yang dicapai.

"Hal ini supaya masyarakat mendapat informasi yang utuh dan benar mengenai program kerja pemerintah serta hasilnya," pungkas Bupati Katingan. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru