Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Caleg DPRD Kotim: Partisipasi Pemilih Menurun, Dianggap karena Banyaknya Persoalan

  • Oleh Naco
  • 18 April 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tingkat partisipasi pemilih di pemilu 17 April 2019 diprediksi cenderung menurun. Itu karena banyak persoalan. Akibatnya tidak sedikit pemilih yang enggan datang ke TPS.

Selain itu lokasi TPS yang jauh teracak menyebabkan pemilih harus kebingungan. Seperti disampaikan Caleg DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Parimus.

Sistem acak yang dilakukan KPU untuk pemilih di setiap TPS membuat persoalan. Contohnya ada yang satu rumah, tapi harus berbeda TPS.

"Bahkan ada juga yang TPS di samping rumah, tapi tempat TPS harus menampuh jarak jauh untuk mencoblos. Itu mengakibatkan warga enggan datang ke TPS dan mengakibatkan turunnya partisipasi,” katanya, Kamis (18/4/201).

Hal lain juga disampaikan M Jais Kurdi. Caleg ini menilai masalah ini akibat perbuatan KPU yang sepertinya menyepelekan ini semua.

Dia menyebut banyak warga pulang lantaran surat suara kurang. Bahkan yang bermodalkan KTP saja tidak bisa memilih karena surat suara habis.

“Kalau saya lihat nilai kursi kali ini akan turun, karena semua caleg tidak ada suara yang signifikan," timpal salah satu caleg lainnya Dadang H Syamsu.

Menurutnya partisipasi pemilih khususnya untuk kabupaten sangat besar kemungkinan menurun. Bahkan saat pencoblosan dia mengaku terkejut dengan kondisi perolehan suara caleg di TPS.

Padahal pada 2014 di TPS itu caleg bisa meraup banyak suaranya, namun ini disetiap TPS semua caleg suaranya sama-sama sedikit semua. Sehingga tidak ada lagi fenomenal di TPS A bisa dapat 50–90 suara untuk seorang caleg.

Sementara itu, caleg lainnya Ary Dewar mengakui juga persoalan di daerahnya bukan tingkat partisipasi saja, namun tingkat kerusakan pencoblosan suara. Banyak suara yang rusak sehingga tidak sah.

"Termasuk suara saya banyak yang rusak," ucapnya. Ini kata dia akibat bilik suara yang terlalu kecil, sementara keras lebar, sehingga dalam kondisi terlipat pencoblosan dilakukan tentu ini sangat merugikan. (NACO/B-6)

Berita Terbaru