Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten II: Lembaga Kearsipan Harus jadi Rujukan Kebutuhan Data

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 April 2019 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Asisten II Bidang Admintrasi Umum Setda Kota Palangka Raya Kandarani berharap Lembaga Kearsipan Kota Palangka Raya bisa menjadi rujukan utama terkait data.

“Kearsipan harus mampu menyimpan dengan baik semua arsip autentik sebagai bukti dari akuntabilitas kinerja pemerintah daerah,” ucap Kandarani, Jumat (19/4/2019).

Ia ingin lembaga kearsipan mampu merekam serta menyimpan memori kolektif, sehingga dapat menyajikan sebagai arsip yang memiliki nilai kesejarahan. Nilai nilai ini nantinya dapat diberikan dan diturunkan lagi ke generasi mendatang. 

Namun tidak hanya sampai di sana, lembaga kearsipan diharapkan juga dapat menjadi wadah atau rujukan tentang biograpi tokoh-tokoh penting dan tokoh-tokoh yang berjasa terhadap perjalanan Kota Palangka Raya. 

“Contohnya seperti para pejabat negara dan tokoh adat, tempat-tempat bersejarah. Sebagai wadah foto-foto dan dokumen penting lainnya,” ucap mantan Sekda Kota Palangka Raya ini.

Tapi, dia mengingatkan, sebesar apapun harapan dan cita-cita semuanya harus dimulai dari langkah kecil. Semua harus bersama memperkuat akuntabilitas kinerja OPD.

“Semuanya memerlukan keseriusan bersama,” tutupnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru